Resep dan cara membuat yoghurt 2016

Selain untuk makanan yoghurt biasanya juga dibuat untuk lulur karena Kandungan asam laktat pada yoghurt mampu memperhalus kulit tubuh dan membuatnya lebih kenyal. Kulit yang kering, dan kusam akan lebih shat dengan yoghurt. Gunakan yoghurt sebagai lulur dan scrub tubuh, terutama di bagian-bagian yang kering. Yoghurt juga bisa digunakan sebagai campuran untuk mandi berendam air hangat. Selain lebih sehat, tubuh juga akan semakin relaks. Beberapa penelitian membuktikan, membersihkan kulit dengan yoghurt lebih baik dibandingkan mandi dengan sabun atau shower gel karena yoghurt tidak membuang pelembab alami yang ada di permukaan kulit.

Namun untuk kali ini kita akan membuat yoghurt yang enak untuk dijadikan makanan, bagaimana cara membuatnya, kita simak dibawah ini :
Bahannya :

  • 1 liter susu murni
  • Bibit yoghurt 5% dari banyaknya susu murni atau yoghurt biasa tanpa rasa

Cara Membuatnya :
  1. Panaskan susu sapi murni dengan api kecil sambil diaduk-aduk selama 30 menit, tetapi jangan dibiarkan hingga mendidih. Langkah ini bertujuan untuk menguapkan air sehingga tidak terbentuk gumpalan atau solid yoghurt.
  2. Kemudian angkat solid yoghurt dan dinginkan hingga hangat kuku, setelah itu tambahkan bibit yoghurt sebanyak 2-5% dari jumlah yoghurt yang telah mengental tadi.
  3. Diamkan selama 24 jam dalam wadah yang tertutup rapat, agar menghasilkan rasa asam dan yoghurt yang kental. Semakin tinggi total solid yang terbentuk akan mendapatkan yoghurt dengan hasil yang semakin baik.
  4. Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan dengan sirup atau gula, bagi sahabat yang tidak suka dengan rasa yoghurt yang terlalu asam, atau bisa juga ditambahkan dengan rasa jeruk, stawberry atau dengan berbagai rasa lainya.
  5. Jika ingin menyimpan yoghurt dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya simpanlah yoghurt kedalam wadah kaca agar yoghurt dapat bertahan lama.

Info Terkait :

Resep dan cara membuat yoghurt 2016