Faktor Penyebab pacar kita posesif

Posesif bisa dibilang merupakan sebuah rasa ingin memiliki yang besar dan sama besarnya dengan rasa takut untuk kehilangan. Sikap posesif  adalah sebuah kumpulan dari rasa tidak aman, tidak percaya diri, kesepian, ketergantungan, dan takut juga kehilangan. Sikap ini dapat berupa tindakan pasif seperti perasaan tidak senang dan kesal sampai berupa tindakan agresif seperti mengontrol dan menyerang pasangan.

penyebab pacar posesif
Walaupun ada keuntungan tersendiri yaitu kita bisa mendapatkan perhatian yang lebih sebagai tanda bukti kesetiaannya yang ingin dia buktikan sungguh besar. Perlu dipahami sebenarnya ada faktor penyebab wanita atau laki-laki yang berpasangan menjadi orang yang posesif, bisa karena sangat cinta, trauma dengan hubungan sebelumnya, dan lainnya. Ada cara untuk menghadapi pacar yang posesif, tapi alangkah baiknya kita baca terlebih dahulu penyebabnya dibawah ini:

1. Rasa Cinta yang Besar
Sesuatu yang besar dan berlebihan bisa saja menjadi Bom waktu. Termasuk dalam hal cinta. Hidup berjalan dengan cinta, tapi cinta sendiri adalah racun bila over dosis. Nah, rasa cinta yang berlebihan itu bisa mendorong seseorang menjadi posesif.

2. Rasa Takut kehilangan
Perasaan takut kehilangan yang begitu besar terhadap orang yang dicintai dapat menyebabkan seseorang bersikap posesif terhadap pasangannya tersebut. Bahkan cenderung melakukan berbagai macam cara untuk untuk mempertahankannya.

3. Trauma kegagalan dalam menjalin hubungan
Pengalaman seseorang yang gagal dalam hubungan sebelumnya, membuatnya lebih bersikap protktif terhadap pasangan yang sekarang. Tidak ingin gagal lagi (trauma) bersikap posesif adalah satu-satunya cara paling aman untuk mepertahankan hubungan, menurutnya.

4. Masa Lalu yang Pernah dikhianati
Perasaan sakit hati, patah hati karena dikhianati dalam hubungan cinta yang terdahulu selalu membekas dalam diri seseorang. Tidak mau mengalami nasib serupa, mereka memilih untuk bersikap posesif agar tidak disakiti lagi. Mengekang, mengatur dan memperlakukan pasangan sesuai dengan keinginannya.

5. Kehilangan figur yang disayangi
Kehilangan figur atau sosok yang disayangi dan yang menyayangi memberikan dampak psikologis yang luar biasa bagi sebagian orang. Misalnya kehilangan sosok Ayah atau Ibu. Ketika mereka menjalin hubungan dan menemukan sosok, figur tersebut dalam diri pasangannya, Maka yang terjadi adalah sikap posesif sebagai sebah bentuk proteksi agar dia tidak kehilangan lagi.


6. Melihat tanda perselingkuhan
Seseorang bisa bersikap posesif terhadap pasangannya ketika dia melihat tanda perselingkuhan dalam hubungan mereka. Menemukan benih-benih perselingkuhan. Sikap posesif dimaksdkan untuk mempertahankan keutuhan hubungannya.

7. Sudah merasa memiliki
Sebagian orang beranggapan ketika menjalin hubungan dengan seseorang, mereka sudah menguasai orang tersebut (pasangan) sepenuhnya. Padahal, setiap individu adalah bebas, merdeka. Apalagi kala hubngan itu bar sebatas hubungan yang belum resmi semisal pacaran.

Info Terkait :

Faktor Penyebab pacar kita posesif