Tips mengatur menu makanan sehat untuk keluarga

Seorang ibu rumah tangga mempunyai tugas untuk memberikan menu makanan sehat untuk keluarga, di sela-sela rutinitasnya sebagai ibu rumah tangga yang mengurus anaknya dan suaminya. Untuk sebagian ibu menentukan hal ini bisa membingungkan, namun kita tidak boleh khawatir apalagi anda yang seorang yang baru berkeluarga.

menu makanan sehat untuk keluarga

Jika hanya menentukan menu makanan sehat untuk keluarga sesuai keinginan dan kesukaan kita saja bisa kurang menyenangkan untuk suami dan anak kita, apalagi jika kita hanya membuat karena rasa tanpa mengindahkan sisi kandungan gizi nya. Selain dari masalah tersebut,  yang membuat bingung lainnya dari segi ide, akan membosankan jika hanya itu-itu saja yang kita sajikan.

Pola makanan sehat dengan beragam jenis masakan bisa kita gunakan setiap harinya agar asupan gizi lebih bervariasi dan mencukupi kebutuhan tubuh keluarga kita. Ada beberapa Tips mengatur menu makanan sehat untuk keluarga yang bisa ibu gunakan yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tip menu sajian Protei tinggi
Daging adalah sumber makanan dengan protein tinggi, namun sebaiknya ibu hidangkan dengan cara panggang atau bakar  dibandingkan menggoreng dengan minyak, apalagi penggunaan minyak yang banyak karena ingin membuat goreng daging nya lebih garing.

Selain daging ada sumber makanan protein tinggi lainnya yang bisa digunakan seperti telur, berbagai produk susu, hasil olahan kedelai seperti tahu dan tempe, kacang-kacangan dan buncis.

2. Tips menentukan bumbu makanan sehat
Dengan menyiapkan bumbu alami kita bisa menjaga kualitas rasa beserta sisi kesehatannya dibandingkan dengan bumbu instant yang menggunakan proses kimiawi yang masih ada kurang aman dari kesehatan jangka panjangnya.

3. Makanan Gandum
Pastikan keluarga Anda selalu mengonsumsi produk dari bahan gandum. Bisa dalam bentuk roti gandum, atau pasta dengan kandungan gandum yang tinggi. Selalu masukkan produk gandum dalam menu harian di rumah untuk mendapatkan cukup asupan serat. Beras merah juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Anda bisa mengonsumsi nasi merah dengan lauk-pauk ala hidangan Sunda seperti biasa.

4. Pastikan selalu ada buah dan sayuran segar di dapur
Idealnya, setiap orang harus mengonsumsi 10 porsi buah setiap hari. KidsHealth menyarankan setidaknya usahakan mengonsumsi buah lima porsi sehari. Caranya, tambahkan dua porsi buah segar pada setiap waktu makan. Hal yang sama berlaku juga pada sayuran segar. Selalu pastikan piring makan keluarga Anda terisi dengan sayuran segar.

5. Mencatat jadwal menu makanan tiap minggu
Setelah mengetahui makanan yang disukai keluarga dibarengi pertimbangan dari sisi kesehatannya, langkah terakhir yang bisa dicoba adalah membuat jadwal menu makanan tiap minggunya. Ini akan memberi kemudahan untuk ibu sekalian agar tidak bingung tiap harinya akan memasak apa. Selain itu juga kita bisa menentukan variasi asupan makanan yang baik untuk 1 minggu, tentu saja itu akan mengingkatkan kualitas kesehatan keluarga kita.

Demikian  Tips mengatur menu makanan sehat untuk keluarga yang bisa saya berikan semoga bermanfaat untuk ibu-ibu semua.


Info Terkait :

Tips mengatur menu makanan sehat untuk keluarga