Makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa dan sahur

Bulan Ramadhan dimana semua umat islam melaksanaknan ibadah menahan lapar dan dahaga selama 1bulan penuh, tentu saja hal ini mengubah kebiasaan makan kita tanpa menghilangkan aktifitas yang biasa dijalani seperti bekerja, sekolah, dan lainnya. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman saat berbuka puasa dan sahur yang sehat dapat memaksimalkan tubuh kita agar tetap bugar dalam beraktifitas.

makanan yang perlu dihindari

Ketika kita membahas pola makanan sehat saat berpuasa, ada hal yang perlu kita perhatikan dengan menghindari makanan yang perlu dihindari saat sahur dan buka puasa. Biar lebih tahu silahkan baca dibawah ini yang saya kutip dari vemale:

1. Hidangan Keju Berlebihan 
Mengkonsumsi keju sah saja jika kita tidak memakan nya terlalu banyak, memang sungguh nikmat hidangan seperti roti ditambahkan keju, namun jika berlebihan hal ini malah akan menyebabkan perut kembung pada diri anda.

2. Makanan Pedas
Banyak masakan khas negara kita yang sebagian besar bercita rasa  pedas,  seperti yang makanan dengan  cabai serta merica. Memang dapat menggugah selera, namun masakan seperti ini  disarankan agar dapat dihindari,  apalagi jika anda adalah seseorang yang mengidap maag. Mengonsumsi masakan pedas saat perut dalam keadaan kosong akan memicu lambung memproduksi asam lebih banyak. Selain itu, lambung yang dalam keadaan kosong lebih sensitif jika memproses masakan pedas.

3. Kopi dan Minuman Bersoda
Menikmati kopi dan minuman bersoda saat berbuka puasa memang nikmat. Hanya saja, kopi dan minuman bersoda dapat memicu meningkatnya produksi asam lambung. Perut terasa kembung dan mual adalah akibat jika mengonsumsi kopi dan minuman bersoda saat buka puasa.

4. Aneka Gorengan
Aneka gorengan memang enak disantap malam hari saat buka puasa. Namun sama seperti makanan-makanan lain yang sudah disebutkan di atas, gorengan adalah salah satu makanan yang dapat memicu asam lambung. Gorengan juga masuk kategori makanan 'panas' rendah serat. Agar pencernaan tetap sehat, usahakan tidak mengonsumsi banyak gorengan dan perbanyak asupan buah-buahan segar.

5. Makanan Instant, Fast Food, Junk Food
Bulan Ramadan adalah saat tubuh mengeluarkan racun dan melakukan kerja yang lebih santai dibanding hari-hari biasanya. Pencernaan jadi lebih sehat dan sangat disayangkan bila periode sehat ini harus diisi dengan aneka makanan instant. Sebisa mungkin masak sendiri masakan sahur dan berbuka, hindari mie instant, sosis, nugget dan berbagai makanan instant lainnya. Makanan lain yang harus dihindari adalah fast food dan junk food.

Dengan keadaan tubuh yang sehat, aktifitas berpuasa akan tetap lancar tanpa keadaan yang tidak kita inginkan seperti jatuh sakit. Semoga bermanfaat.

Info Terkait :

Makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa dan sahur