7 Penyebab dan Cara mengatasi rambut Rontok

Banyak penyebab dari terjadinya rambut rontok, penyakit, rasa stress ataupun salah penggunaan dan mengenali obat rambut. Awal mulanya kita barangkali tidak mengerti rambut rontok apa yang dihadapi, dapat berawal dari sebagian helai rambut yang tertinggal di sisir atau lantai kamar mandi sampai akhirnya kulit kepala menjadi terlihat karena tak berambut. Kebotakan kerap digambarkan sebagai rambut rontok yang berlebih di kepala juga dapat dikarenakan oleh beragam perihal layaknya factor keturunan, dampak samping dari penyembuhan spesifik maupun dikarenakan ada problem kesehatan. meskipun kebotakan semakin banyak didapati pada pria, wanita juga memiliki problem tersebut terlebih rambut rontok.


Kebiasaan yang berkembang sekarang ini dengan pemakaian metode herbal atau tradisional juga tidak kalah diminati, tak hanya aman juga baik untuk kesehatan dikarenakan tak lagi mempunyai dampak samping apa pun. di antara metode herbal untuk menangani kerontokan rambut yaitu menggunakan Jus alami, tanaman rempah herbal lainnya yang mempunyai  banyak manfaat.

Sebelum kita bahas cara mengatasi rambut rontok ini, kenali terlebih dahulu apa saja yang biasanya membuat terjadinya kerontokan
1. Sakit dan karena obat-obatan
Sakit, seperti tifus, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, atau kemoterapi, mampu mengakibatkan rambut rontok. Anda memanglah mesti bersabar bila hal ini yang terjadi. Sakit atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu itu mesti berlalu lebih dulu, baru rambut rontok bisa diatasi dengan cara berangsur-angsur.

2. Kerontokan rambut yang mendadak
Pemicunya adalah trauma emosional atau fisik. Efek kejutan pada telogen effluvium dapat menyebabkan suatu kondisi yang membuat rambut berhenti tumbuh dan mulai rontok.

3. Kerontokan rambut yang konsisten
Folikel rambut menuntut asupan nutrisi yang stabil untuk mempertahankan pertumbuhan rambut yang cepat. Jika Anda mengalami tingkat kerontokan rambut lebih dari biasanya selama 2 atau 3 bulan berturut-turut, perhatikan pola makan Anda. Kekurangan besi, biotin, atau seng dapat membuat rambut "kelaparan" dan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Untuk mengembalikan kesehatan rambut, makan lebih banyak brokoli, bayam, dan telur.

4. Rambut kekurangan nutrisi
Konsumsi nutrisi sangatlah menentukan kwalitas kesehatan badan, termasuk juga kesehatan rambut. Jadi, agar kitamempunyai rambut yang sehat, Anda mesti memastikan bahwa keperluan gizi Anda sudah terpenuhi oleh makanan yang Anda mengkonsumsi, terlebih zat-zat gizi yang terkait langsung dengan kesehatan rambut.

Vitamin A, B, C, serta E, sangatlah dibutuhkan rambut. Kekurangan vitamin A dapat buat rambut kering serta gampang rontok. Vitamin B6 berfungsi benar-benar penting untuk pertumbuhan rambut. Vitamin C menolong menguatkan rambut. Sedang, vitamin E memperlancar aliran darah ke kepala.

Untuk menghindar atau kurangi kerontokan rambut, beberapa makanan yang memiliki kandungan gizi yang seimbang, terlebih yang memiliki kandungan vitamin A, B, C, E, protein, serta mineral harus Anda mengkonsumsi dalam menu harian Anda.

5. Daerah kebotakan terasa halus
Terjadi kebotakan di beberapa area di kepala? Apakah area itu terasa halus ketika diraba? Jika ya, itu bisa disebabkan oleh masalah genetika atau stres. Berkonsultasilah dengan dokter kulit dan minta suntikan kortikosteroid untuk meredakan radang yang menyebabkan rambut Anda terus rontok.


6. Daerah kebotakan terasa kasar atau bersisik
Anda kemungkinan terkena tinea capitis, infeksi jamur. Gunakan shampo antijamur untuk melawan jamur yang berkembang di kulit kepala Anda. Jika itu tidak bekerja, mintalah resep obat anti-jamur, seperti Lamisil.

7. Bagi Ibu yang sedang hamil
Pergantian hormonal ketika hamil bisa mengakibatkan wanita alami rambut rontok sepanjang masa kehamilan. Dengan perawatan yang benar serta konsumsi gizi yang cukup, pasca melahirkan permasalahan rambut rontok bakal terselesaikan dengan sendirinya.

Sudah tahukan apa saja penyebabnya? berikutnya kita bahas cara mengatasinya, silahkan dibaca dibawah ini :

1. Pengobatan Minyak Panas
Dapat menggunakan minyak alami, layaknya zaitun maupun minyak canola, langkahnya yakni memanaskan di antara dari minyak alami tersebut lantas dipijatkan ke kepala, sesudah itu tutup kepala dngan shower cap serta didiamkan sepanjang lebih kurang satu jam, sesudah itu anda basuh rambut sampai bersih.

2. Jus Alami
Yang ke-2 gunakan jus alami, eits, jus ini bukan hanya untuk diminum ya, namun diusap atau digosok di kulit kepala, jusnya berbahan alami, yang dianjurkan yaitu jus dari bawang putih, jus bawang merah, maupun jus jahe. ini dikerjakan waktu malam hari saat pingin tidur, serta saat pagi harinya dibilas sampai bersih.

3. Pijat Kepala
Dengan Melakukan Pijatan dibagian Kepala bisa merangsang Sirkulasi darah dan bisa menjaga Folikel rambut tetap aktif, ini bisa berfungsi untuk mengurangi resiko Rambut akan rontok, saat melakukan pijatan di kepala anda bisa menggunakan beberapa tetes minyak esensial lavender, almond atau minyak wijen.

4.Meditasi
Salah satu dari penyebab rontok adalah akibat stress atau juga ketegangan, inilah fungsinya Meditasi, Meditasi dapat membantu mengurangi stres dan mengembalikan keseimbangan hormonal.

5. Tidak Mengikat Kencang Rambut
Mungkin hal ini yang sering dilupakan oleh beberapa orang, Hindari kebiasaan mengikat rambut dengan kencang, termasuk membuat cepol rambut dalam waktu yang lama. Ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menarik akar rambut dan melemahkannya. Hindari juga memakai aksesoris rambut yang berat.

6. Menggunakan Kondisioner
Hindari keramas setiap hari, karena hal ini bisa mengakibatkan Minyak alami yang dihasilkan kulit kepala untuk melindungi helai rambut akan terkikis oleh shampo. Disarankan keramas hanya sekali dalam waktu dua hari, dan jangan lupa untuk menggunakan Kondisioner, tujuan dari penggunaan Kondisioner adalah mengurangi kusut pada rambut dan memudahkan proses menyisir rambut setelah keramas.

7. Lidah Buaya
Yang terkahir dan mungkin yang paling terkenal adalah menggunakan Lidah buaya, lidah buaya ini memiliki kandungan vitamin dan mineral, Yang berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut. Untuk Penggunaannya cukup mudah, potong Lidah buaya menjadi dua bagian untuk diambil lendirnya. Usapkan pada rambut yang masih setengah kering sambil dipijit-pijit. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Info Terkait :

7 Penyebab dan Cara mengatasi rambut Rontok