Cara alami menghilangkan bekas luka

Baik kulit wajah ataupun badan sudah semestinya kita rawat dengan baik agar terlihat sehat. Namun ada saja hal yang tidak disengaja membuat kita melukai bagian kulit kita sendiri. Akibatnya muncul bekas luka yang bakal mengurangi rasa percaya diri kita, dan terkadang bekas luka tersebut susah dihlangkan. Tidak seperti kebanyakan pria yang tidak ambil pusing, bagi kaum wanita hal tersebut sangatlah mengganggu. Beberapa orang, terlebih bagi mereka yang termasuk wanita perfeksionis, akan cenderung tergesa-gesa untuk pergi ke dokter kulit atau klinik kecantikan. Namun sebenarnya ada cara alami menghilangkan bekas luka yang jauh lebih murah dan aman.
Selain pergi ke dokter dan klinik, ada juga mereka yang mengambil tindakan dengan meminum obat-obatan. Ya daripada Anda mengkomsumsi obat yang mengandung kimia, tidak ada salahnya jika kita mencoba cara alami menghilangkan bekas luka terlebih dahulu, penjelasannya seperti berikut ini:

1. Mentimum
Buah yang dianggap sebagai sayur ini sangat mudah kita temui. Terdapat vitamin C dan potasium dalam kandungannya, yang bisa menangkal radikal bebas, serta memiliki kandungan air yang lumayan tinggi. Ahli kulit menyimpulkan bahwa buah mentimum memiliki kandungan silika, yang notabene dapat meningkatkan produksi kolagen serta mencegah keriput muncul. Sudah menjadi rahasia umum mentimun banyak digunakan sebagai komposisi penting dalam perawatan kulit. Mentimum dipercaya dapat mengencangkan kulit, melembabkan kulit, menghilangkan jerawat, dan juga menghilangkan bekas lukas pada kulit.
Cara alami menghilangkan bekas luka dengan mentimum: siapkan mentimum yang sudah dicuci bersih, potong mentimun jadi kecil-kecil, haluskan dengan blender (bisa ditumbuk). Jika sudah halus, oleskan pada bekas luka, diamkan sepanjang malam. Lakuakan secara rutin, alhasil bekas luka dapat berangsung-angsur menghilang. 

2. Madu
Madu adalah cairan kental yang menyerupai sirup, rasanya manis. Tidak hanya binatang beruang saja yang suka dengan madu, manusia juga menyukai madu. Karena selain rasanya yang enak, Madu memiliki beberapa manfaat yang terkandung didalamnya. Madu memiliki kegunaan diantaranya merangsang regenerasi sel, mengurangi nyeri, dan menghilangkan bekas luka.
Cara alami menghilangkan bekas luka dengan madu: siapkan madu yang alami, oleskan madu secara merata pada bagian yang terkena luka. Diamkan selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin selama beberapa kali dalam sehari.

3. Jus Lemon
Jus buah memang sudah terbukti menyegarkan, serta mengandung manfaat jika kita konsumsi. Untuk jus lemon sendiri, selain untuk menghilangkan dahaga, bisa juga sebagai pemutih alami yang bisa menyamarkan (menghilangkan) bekas luka, dan belang-belang di kulit.

4. Larutan campuran
Cara alami menghilangkan bekas luka dengan larutan campuran: campur 1 senduk makan krim susu asam, 1 senok makan oat meal yang sudah dihaluskan, 1 sendok makan yoghurt, dan beberapa tetes jus lemon. Setelah tercampur, oleskan larutan tersebut ke wajah. Tunggu sekitar 10 menit, bersihkan dengan air bersih. Cara ini efektif dalam mengangkat bekas luka diwajah. 

5. Teh Hijau
Sekarang ini teh hijau sering digunakan pada aneka makanan dan minuman. Rasanya yang enak, teh hijau juga mengandung manfaat. Terdpat kandungan antioksidan, yang berfungsi mengontrol produksi minyak berlebih, mengurangi hormon jerawat, mengurangi peradangn kulit dan juga menghilangkan bekas luka.
Cara alami menghilangkan bekas luka dengan teh hijau: Seduh daun teh hijau, basahkan kapas dengan air tersebut. Usapkan pada bagian luka yang sudah dibersihkan.

6. Daun Mint
Tanaman ini memang sudah banyak digunakan pada berbagai produk, seperti pasta gigi, minyak angin, atau obat kumur. Selain itu, daun mint juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit kita. Dengannya bisa menghilangkan jerawat, luka barat, serta ampuh menghilangkan bekas luka.
Cara alami menghilangkan bekas luka dengan daun mint: cucu bersih beberapa lembar daun mint, haluskan hingga membentuk scrub. Oleskan ke area luka Anda. 

7. Lidah buaya
Sudah dikenal oleh banyak orang lidah buaya mampu membantu menumbuhkan rambut secara alami. Lidah buaya juga ternyata dapat digunakan untuk perawatan kulit serta menghilangkan bekas luka.
Cara alami menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya: oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka. hindari getah lidah buaya, karena jika terkena dapat membuat kulit terasa gatal.

8. Bawang Putih
Tumbuhan yang sering dipakai untuk bumbu masakan ini sudah digunakan  orang-orang Tiongkok sejak 3000 SM. Bawang putih mampu mengobagi pilek, kanker, serta sebagai penurun darah tinggi. Belakangan ini bawah juga diketahui dapat menghilangkan bekas luka.
Cara alami menghilangkan bekas luka dengan bawng putih: iris bawang putih, oleskan irisan tersebut ke bagian bekas luka. Biarkan hingga kering, bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin.

9. Jus Mengkudu
Buah yang memiliki bau yang khas ini dikeahui memiliki senyawa scopoletin yang efektif sebagai zat anti radang.
Cara alami menghilangkan bekas luka dengan jus mengkudu: basahkan handuk kecil dengan jus mengkudu, kompres bekas luka dengan handuk tersebut. Biarkan hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin (2 hingga 3 kali per hari).

Dari sekian artikel yang saya tulis ternyata banyak manfaat dari lidah buaya selain dari untuk cara menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok.

Info Terkait :

Cara alami menghilangkan bekas luka