cara memutihkan ketiak hitam secara alami

Dengan ketiak yang putih gak kehitaman bisa membuat banyak wanita merasa nyaman bisa memakai baju yang terbuka di bagian ketiaknya yang rata-rata tidak berlengan panjang. Walaupun sesungguhnya ketiak yang berada di antara sisi tubuh yang jarang tampak terlihat oleh orang lain, namun kalaupun jarang tampak kulit ketiak mesti tetap ada perawatan supaya kulit ketiak terus sehat dan tidak tampak hitam.

Warna gelap dari kulit ketiak bisa saja disebabkan jamur dan kurang sehatnya kulit ketiak. Sebuah ketiak yang hitam tidak cuma berlangsung pada wanita berkulit kecokelatan saja. Kulit putih mulus sebenarnya juga dapat mempunyai sisi lipatan ketiak yang berwarna hitam dan gelap. Hal ini bisa dikarenakan faktor hormonal, contohnya pada waktu kehamilan atau masalah pigmentasi kulit dikarenakan iritasi kulit.

Masalah pigmentasi dikarenakan oleh alergi pada deodoran atau minyak wangi, kulit teriritasi waktu mencukur atau mencabut bulu, juga akibat gesekan yang berlangsung pada baju serta kulit ketiak. Bulu ketiak merupakan area berkembang biaknya bakteri. bila kebersihannya kurang terjaga, dapat menyebabkan gatal. rutinitas menggaruk dibagian ini juga dapat bikin kulit alami iritasi, hingga warna kulit menggelap. Berikut ini cara yang bisa digunakan agar ketiak yang tadinya hitam tampak lebih putih :

1. Ketimun dan Bubuk Kunyit
Ketimun atau tanaman yang bernama ilmiah Cucumis Sativus ini tidak hanya enak dijadikan lalapan, tetapi efeknya yang menyegarkan dapat membantu melembabkan kulit, mengatasi kulit berminyak bahkan dapat digunakan untuk memutihkan ketiak.

Kunyit juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit, beberapa produk lotion pun ada yang menggunakan Kunyit sebagai bahan pemutih alami. Untuk hasil yang efektif, haluskan ketimun kemudian campurkan ketimun yang sudah dihaluskan tersebut dengan bubuk Kunyit.

Selanjutnya, oleskan kedua bahan tersebut pada ketiak. Kedua bahan tersebut sudah terbukti efektif untuk memudarkan noda hitam dan memutihkan ketiak.
Yoghurt dan Susu

Bahan alami lainnya adalah yoghurt dan susu. Yoghurt dan susu banyak mengandung asam laktat, yaitu bahan alami yang mampu memutihkan ketiak secara alami.

Caranya, ambil dua sendok makan yoghurt dan campurkan dengan tiga sendok makan susu. Aduk merata dan kemudian oleskan pada ketiak sebelum mandi. Biarkan selama 30 menit atau 1 jam hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Batu Apung
Batu Apung, batu ini memang sudah terkenal sebagai batu penggosok ampelas. Selain itu batu ini dapat juga digunakan sebagai bahan alami untuk mengangkat sel kulit mati agar dapat memutihkan ketiak.

Caranya, basahi ketiak dengan air dan sabun. Kemudian ambil batu apung dan gosokkan secara perlahan pada ketiak selama beberapa menit dan bilaslah.

3. Air Kapur Sirih dan Jeruk Nipis
Air Sirih dan perasan Jeruk Nipis juga merupakan kombinasi ampuh untuk mengangkat kulit mati agar memutihkan ketiak. Ambil satu butir Jeruk Nipis dan peras, kemudian campurkan satu sendok air kapur Sirih.

Aduk rata dan oleskan campuran tersebut pada ketiak Anda setiap habis mandi. Biarkan meresap selama 15 menit dalam kulit. Lakukan secara rutin selama 1 minggu.


4. Minyak Kelapa dan Kulit Jeruk
Minyak Kelapa juga tanaman yang kaya akan kandungan vitamin E yang dapat melembabkan kulit. Jika minyak Kelapa dikombinasikan dengan kulit Jeruk yang memiliki kandungan vitamin C, hasilnya akan lebih maksimal untuk memutihkan ketiak, meningkatkan produksi kolagen, dan menghilangkan bau badan.

Caranya, blender kulit Jeruk yang sudah diberikan tetesan minyak Kelapa hingga berbentuk butiran kasar dan gosokkan pada ketiak.

5. Pepaya dan Madu
Pepaya dan Madu tidak hanya enak dikonsumsi, Pepaya dan Madu juga memiliki manfaat memutihkan ketiak. Kandungan asam arkobat yang terdapat pada Pepaya dapat mempercepat pengelupasan sel kulit mati pada kulit.

Sedangkan Madu memiliki kandungan vitamin C dan polifenol yang berguna untuk mencerahkan kulit ketiak. Caranya, ambil seperempat buah Pepaya mengkal kemudian haluskan dengan blender.

Tambahkan 2 sendok makan Madu dan aduk merata kemudian oleskan di ketiak. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian, bilaslah dengan air bersih. Itulah beberapa rahasia sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memutihkan ketiak. Semoga saran di atas bisa bermanfaat.

6. Lemon dan Baking Soda
Selanjutnya bahan alami yang ampuh memutihkan ketiak yakni lemon dan baking soda. Vitamin C yang ada didalam buah lemon tersebut ternyata bermanfaat memutihkan ketiak. Sementara baking soda mengandung kalsium, yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati.

Penggunaannya tidak bisa hanya lemon saja, karena baking soda dapat menetralisir keasaman lemon yang dapat membuat kulit iritasi.

Cara menggunakannya, peras lemon (1 buah), ambil airnya. Campurkan cairan tersebut dengan satu sendok teh baking soda. Kemudian aduk hingga rata, dan siap untuk disiapkan di ketiak. Diamkan selama 15 menit hingga setengah kering.

Yang terakhir, gosok ketiak hingga butiran baking soda dan lemon berjatuhan, dan bilaslah dengan air bersih. Ini bisa dilakukan secara rutin selama seminggu.

7. Menggunakan Kentang
Adapun cara pengaplikasian kentang sebagai pemutih ketiak adalah sbb:
  • Siapkan satu biji buah kentang dan kupas bersih
  • Cuci kentang yang sudah dikupas
  • Parut atau haluskan kentang yang kita siapkan tadi
  • Kemudian tempelkan parutan kentang ke area ketiak anda
  • Biarkan sampai agak mengering dan bilas dengan air bersih.

Info Terkait :

cara memutihkan ketiak hitam secara alami